Rabu, 04 Januari 2012

Berbakti pada kedua orang tua

Allah SWT berfirman yg atinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dgn sebaik-baiknya. Jika salah seorang dari mereka atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka janganlah sekali-kali kamu berkata ‘ah’ kepada mereka dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yg mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dgn penuh kasih sayang dan ucapkanlah “Wahai Tuhanku rahmatilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidik aku waktu kecil”.” . Kewajiban mengesakan Allah adl suatu kewajiban yg mutlak dan tak bisa diganggu gugat. Tauhid adl inti utama ajaran Islam. Di atasnya berdiri segala pokok dan cabang-cabang ajaran Islam. Tidaklah berarti amal seseorang jika ia berbuat syirik terhadap Allah krn syirik dapat menghapus segala kebajikan yg telah dibuat. Bahkan Allah tidak memberi ampunan bagi orang yg mati dalam keadaan syirik. Oleh krn itu perintah utk hanya menyembah dan mengesakan Allah selalu dikedepankan agar segala kebajikan yg dilakukan setelah itu diterima di sisi Allah. Lagi pula tidaklah pantas manusia menyekutukan Allah dgn apa pun krn segala seuatu selain Allah adl ciptaan-Nya. Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Taala memerintahkan kita utk berbakti kepada orang tua dgn sebaik-baiknya. Dalam beberapa ayat Alquran perintah berbakti kepada orang tua selalu berada setelah perintah menyembah dan mengesakan Allah semata. Hal ini sangat tegas dalam menyatakan begitu pentingnya dan tingginya kedudukan orang tua terhadap anaknya di sisi Allah. Semua orang tahu arti dan nilai orang tua bagi mereka namun krn manusia ini banyak yg zalim dan bodoh banyak pula yg melalaikan orang tua dan mempergaulinya dgn buruk. Kalaulah kita sejenak merenung mengapa harus berbakti kepada orang tua niscaya kita akan mendapatkan banyak alasan yg tak dapat kita pungkiri. Namun saat ini banyak sekali anak-anak yg tak mengerti bagaimana berbakti kepada orang tua. Membantah menjadi hal yg biasa krn banyak gurunya di televisi begitu juga mengabaikan orang tua dan sebagainya. Allah kemudian melarang kita mengucapkan “ah” kepada orang tua kita. Nah jika mengucapkan “ah” saja tidak boleh maka kata-kata atau perbuatan yg lbh jelek dari itu tentu saja tidak boleh. Kemudian diikuti dgn larangan membentak dan menghardik dan tentu saja semua orang tahu bahwa hal itu tidak baik. Meski demikian banyak orang yg lalai kalau tidak diperingatkan. Kemudian Allah memerintahkan kita utk mengucapkan kata-kata yg penuh kemuliaan dan kasih sayang kepada mereka. Allah sebutkan bahwa semua itu jika mereka telah berusia lanjut. Hal ini bukan berarti ketika orang tua masih muda kemudian kita boleh saja mengucapkan “ah” dan lain sebagainya. Bukan begitu maksudnya. Disebutkan masa tua adl krn secara umum pada masa itulah orang tua banyak menyibukkan anak dan butuh perhatian lbh dari anaknya. Itu krn mereka sudah lemah dan butuh bantuan orang lain. Tentunya yg berkewajiban membantu adl anak-anaknya pertama kali. Nah pada situasi seperti inilah biasanya anak-anaknya banyak yg tidak sabar dalam melayani kebutuhan orang tuanya. Sering terjadi mereka malah mengeluh dan kesal lalu akhirnya mulai mengeluh di hadapan orang tuanya itu dan bahkan mengumpat serta menghardik. Ketidakpedulian inilah yg membuat banyak orang tua di Barat dikirim ke panti-panti jompo oleh anak-anaknya krn sang anak lbh mengutamakan kebebasan semu dari pada bakti kepada orang tuanya. Hal ini perlu kita waspadai agar tidak terjadi pada diri dan keluarga kita. Kejadian sepeti itu tak terbantahkan serta tak terobati sakitnya bagi orang tua telebih lagi jika diabaikan anaknya sendiri. Setelah perintah berkata-kata yg mulia dan baik Allah memerintahkan kita utk bersikap rendah diri dan penuh kasih sayang kepada mereka terutama pada masa usia lanjut. Karena pada saat itulah mereka lbh membutuhkannya. Bukankah pada masa mudanya merekalah yg lbh banyak memberi kita kasih sayang? Kemudian diikuti oleh perintah utk berdoa bagi mereka yaitu mendoakan agar Allah memberikan rahmat kasih sayang-Nya kepada mereka berdua sebagaimana mereka berdua telah mendidik sang anak dgn penuh kasih sayang waktu kecil dulu. Lafal ayat ini bisa kita jadikan doa utk orang tua kita “Rabbirhamhuma kamaa rabbayaanii shagiira.” Artinya “Tuhanku.. rahmatilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku waktu kecil.” Sudahkan kita mendoakan orang tua kita tiap selesai salat lima waktu atau di lain kesempatan? Apa yg telah kita lakukan utk orang tua kita? Sudahkah kita membayangkan apa yg akan terjadi pada kita jika hidup tanpa orang tua? Apakah jasa-jasanya telah kita balas? Mampukah kita membalasnya? Ataukah harta dan kekayaan kita mampu menggantikan segala jasa orang tua kita? Masih banyak pertanyaan yg perlu kita renungkan dan camkan pada diri kita. Wallahu al-musta’aan. . Al-Islam - Pusat Infomasi dan Komunikasi Islam Indonesia
sumber file al_islam.chm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar